2.24.2009

Tour de Bali


Banyak travel agent, baik yang berpusat di Bali atau pun di kota lain menawarkan paket perjalanan wisata mengelilingi pulau Bali. Untuk mempermudah mengatur perjalanan, jika memakai jasa travel agent, ada baiknya mengetahui paket-paket tour yang sering ditawarkan dan banyak digemari wisatawan. Paket tour tersebut biasanya sudah termasuk mobil ber-AC, guide, tiket masuk tiap-tiap objek wisata, makan siang/malan dan bahan bakar kendaraan. Tanyakan pada travel agent yang digunakan untuk lebih jelasnya. Beberapa paket tour tersebut adalah sebagai berikut :

1. Uluwatu Sunset – Jimbaran Bay (Romantic Sea Food Dinner)
Tour dimulai pada pukul 16.00 WITA dengan mengunjungi Garuda Wisnu Kencana sebagai tujuan pertama, menikmati sunset di atas tebing pantai Uluwatu dan diakhiri dengan santap malam romantis di rumah makan sea food, pantai Jimbaran.
2. Jatiluwih Grand Rice Terrace
Berangkat dari hotel pada pukul 09.00 WITA menuju Butterfly Park di desa Wanasari, Tabanan dan point of view Jatiluwih untuk paddy trekking.
3. Kintamani Full Day Tour
Tamu dijemput di hotel pada pukul 08.30 WITA untuk tour sehari penuh mengunjungi Batubulan untuk menyaksikan tari Barong, Celuk sebagai sentra industri emas dan perak, Ubud dan terakhir Kintamani untuk menikmati keindahan alamnya.
4. Taman Ayun - Tanah Lot Sunset Tour
Mengunjungi Taman Ayun yang merupakan peninggalan kerajaan Mengwi pada pukul 14.00 WITA, dilanjutkan menuju Alas Kedaton tempat ratusan kera yang dikeramatkan penduduk dan menikmati sunset di Tanah Lot
5. Bedugul – Singaraja Full Day Tour
Tour sehari penuh mengunjungi Kebun Raya dan Danau di Bedugul, air terjun Gitgit dan pantai Lovina di Singaraja. Wisatawan dijemput di hotel pada pukul 08.30 WITA
6. Bedugul – Tanah Lot Sunset Tour
Tour sehari penuh mengunjungi Kebun Raya dan Danau di Bedugul, Alas Kedaton, Taman Ayun dan menikmati sunset di Tanah Lot. Wisatawan dijemput di hotel pada pukul 08.30 WITA
7. East Bali Tour
Mengunjungi Kertagosa di Klungkung, desa Tenganan, Candi Dasa, dan Tirtagangga. Tour ini akan melewati desa Sibetan yang merupakan agrowisata Salak di Bali. Tour dimulai pada pukul 08.30 WITA.

Apabila wisatawan tidak tertarik membeli paket tour seperti di atas bisa meminta paket tour alternatif (optional tour) mengunjungi objek-objek wisata dan atraksi wisata lainnya di Bali sesuai keinginan.
Ada kalanya, wisatawan tak tahu harus bagaimana sesampainya di Bali. Bingung menentukan objek wisata mana yang sebaiknya dikunjungi terlebih dahulu serta rute-rute mana saja yang paling enak dan gampang untuk dijangkau. Ini sering terjadi pada wisatawan yang datang sendiri dan sama sekali tidak menggunakan jasa travel agent. Baiklah, mari kita buat beberapa tour alternatif selain yang telah ada di atas.
Misalnya saja, kita memiliki waktu selama 3 hari 2 malam di Bali. Kemudian datang ke Bali menggunakan bus malam. Bus dari Jawa biasanya tiba di terminal Ubung, Denpasar pada pagi hari sekitar jam 7 WITA. Ada lagi yang jadwal kedatangannya pada sore hari selepas magrib yaitu bus dari Jakarta. Sesampai di terminal Ubung, sebaiknya kita mencari penginapan terlebih dahulu untuk meletakkan barang bawaan, istirahat sejenak meluruskan kaki, dan makan pagi.
Dengan catatan, kita tidak bisa optimal mengunjungi objek wisata di Pulau Bali karena terbatasnya waktu. Oleh sebab itu, kita hanya akan mengunjungi objek wisata yang sudah terkenal dan menjadi icon pariwisata Bali. Itu pun dengan catatan pula kita tidak menggunakan transportasi umum melainkan menggunakan angkutan wisata yang bisa kita sewa di rent car.

HARI 01 DENPASAR – SANUR - GWK – NUSA DUA - KUTA
Ketika dirasa tubuh lebih segar setelah menempuh perjalanan panjang, kita akan mengunjungi pantai Sanur. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke GWK, Nusa Dua, Kuta dan kembali ke penginapan.
HARI 02 DENPASAR – BEDUGUL – TANAH LOT - DENPASAR
Hari ini sebaiknya kita chek out dari hotel dan melanjutkan perjalanan menuju Bedugul untuk mengunjungi Kebun Raya dan Danau Beratan. Dilanjutkan menikmati sunset di Tanah Lot dan kembali ke Denpasar.
HARI 03 DENPASAR –UBUD - KINTAMANI – SUKAWATI - DENPASAR
Hari ini kita akan berangkat menuju Ubud, Kintamani dan Sukawati. Perjalanan akan dilanjutkan menuju Denpasar untuk mengejar bus yang akan membawa kita pulang

Rute tersebut juga bisa dilakukan jika kita menggunakan pesawat untuk menuju ke Bali dan kembali ke tempat asal. Kita hanya perlu memilih jadwal penerbangan yang sekiranya memungkinkan kita tinggal lebih lama lagi meskipun untuk beberapa jam saja. Sebaknya pilihlah jadwal penerbangan pertama (first flight) dari tempat asal menuju Bali. Kemudian jadwal terakhir (last flight) untuk kepulangan.
Berbeda jika kita memiliki waktu yang lebih longgar, seminggu misalnya, sehingga bisa lebih lama tinggal di Bali. Kita juga bisa berpindah penginapan agar dapat menikmati suasana malam di kawasan wisata yang berbeda. Barangkali contoh paket tour di bawah ini bisa menjadi gambaran sebelum berkunjung ke Bali.

HARI 01 DENPASAR
Hari ini kita akan melakukan city tour sehari penuh di Denpasar. Mengunjungi kawasan wisata pantai Sanur, Museum Bajra Sandhi, Art Center, dan Art Market Kumbasari.
HARI 02 DENPASAR – TANJUNG BENOA – NUSA DUA – GWK – JIMBARAN
Pagi ini kita akan berkunjung ke Tanjung Benoa untuk melakukan water sport di sana atau sekedar berjalan kaki di sepanjang pantainya. Kemudian dilanjutan menuju Nusa Dua dan GWK. Menjelang sore, kita sampai di pantai Jimbaran untuk menikmati sunset dan kembali ke penginapan.
HARI 03 DENPASAR – BEDUGUL – AIR TERJUN GITGIT – PANTAI LOVINA
Hari ketiga, sebaiknya kita check out dari hotel. Perjalanan akan dilanjutkan menuju kawasan wisata Bedugul untuk mengunjungi Kebun Raya Eka Karya dan Danau Beratan. Kemudian mengunjungi Air Terjun Gitgit dan terakhir adalah kawasan wisata pantai Lovina sekalugus bermalam di sana.
HARI 04 PANTAI LOVINA – KINTAMANI – UBUD – SUKAWATI – KUTA – DENPASAR
Pagi-pagi sekali, kita bisa melihat lumba-lumba di tengah laut. Kemudian setelah check out dari hotel, kita akan berangkat menuju Kintamani untuk menikmati pesona alamnya. Kemudian dilanjutkan ke Ubud dan Sukawati untuk belanja souvenir. Selanjutnya menikmati sunset di Kuta dan bermalam kembali di Denpasar.
HARI 05 DENPASAR – TENGANAN – CANDI DASA - WATER PALACE - DENPASAR
Jadwal kita hari ini adalah mengunjungi desa tradisional Tenganan untuk mengetahui budayanya yang masih asli. Kemudian dilanjutkan menuju Candi Dasa, Tirta Gangga dan Taman Ujung. Setelah itu kembali ke Denpasar untuk bermalam.
HARI 06 DENPASAR – BUTTERFLY PARK – JATILUWIH – TANAH LOT – DENPASAR
Tour kita hari ini mengunjungi Butterfly Park dan Jatiluwih. Kemudian menghabiskan senja di Tanah Lot dan kembali bermalam di Denpasar.
HARI 07 DENPASAR – ULUWATU – DENPASAR
Hari terakhir, kita akan mengunjungi Uluwatu. Kemudian kembali ke Denpasar untuk packing dan bersiap kembali ke tempat asal.

Paket tersebut masih saja menggunakan mobil sewaan dan terbatas menginap di 2 kawasan saja dengan mempertimbangkan efisiensi waktu. Pertimbangan lainnya adalah rute yang akan kita lewati.
Jika waktu yang kita miliki jauh lebih panjang lagi maka akan sangat mudah bagi kita untuk menikmati pesona pulau Bali. Kita tinggal memegang sebuah peta dan menentukan objek wisata yang akan dikunjungi berdasarkan rute yang akan ditempuh. Ini dilakukan agar kita tak bolak-balik melewati objek wisata dan jalanan yang sama yang hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga. Dengan waktu luang yang lebih panjang, kita bisa bermalam di hampir semua objek wisata di Bali dan melakukan aktifitas wisata di objek tersebut. Selain itu, kita bisa menggunakan kendaraan umum untuk mencapai tiap-tiap objek wisata. Hanya saja, kita harus siap mental ketika memakai jasa angkutan umum di Bali. Kendaraan yang digunakan sebenarnya sudah tak layak pakai. Kontras dengan angkutan wisata yang ditujukan untuk wisatawan. Rute angkutan umum di Bali juga tidak efisien dari segi waktu dan pencapaian tiap objek-objek wisata sebab kita akan diajak berputar-putar terlebih dahulu. Tapi bagi yang suka berpetualang, ini menjadi daya tarik tersendiri. Terserah mau pilih yang mana.

Tulisan lain:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar