3.31.2009

Kerjaan Baru Bapakku vs Pebisnis Tak Beretika

Beberapa bulan menjelang masa pensiunnya, Bapak mulai sibuk sendiri. Mempersiapkan dan mencari aktifitas baru yang sekiranya bisa terus mengembangkan potensi. Bukan lagi jadi tukang servis elektronik, potografer keliling, atau yang pernah dilakukan sebelumnya. Tiba-tiba bapak jadi makelar mobil. dan ada yang membuatku angkat topi dengan pekerjaan barunya itu. Apakah itu?
Yap, sekitar 2 minggu lalu Carry merah kesayangannya telah dijual ke warga desa sebelah. kemudian berganti espass abu-abu. Tak ada seminggu mobil itu telah berpindah tangan dan berganti merek sama warna ijo metalik.
Setiap kali memindahtangankan mobilnya ke orang lain, Bapak selalu menyebutkan harga ASLI ketika dibeli. Lantas meminta kesediaan calon pembeli untuk menambah lagi beberapa rupiah untuk biaya transportasi, perawatan, balik nama, dan lain sebagainya. Jika calon pembeli setuju maka mobil itu akan dilepas dan jika tidak, bapak tidak memaksa. Bahkan menyarankan untuk mencari di tempat lain.
Jaman segini susah nyari pedagang yang mau jujur. Yang sering kuketahui, harga barang asli langsung dinaikkan. Jika ada yang menawar, dibilangnya belum balik modal (padahal udah). Sering pula pebisnis tak punya etika. Saling sikut antar saingan. Persaingan tak sehat sepertinya sudah jadi hal lumrah. Bukan di kalangan orang awam aja lo. Yang mengaku berjuang di dunia dakwah, yang selalu mengacu pada Quran dan Hadist juga banyak yang tak memperhatikan etika. Yang kudengar barusan (beberapa menit lalu ni) malah ada yang jadi plagiat, mencuri ide, menyerobot klien orang lain, mematikan usaha saudara(katannya) seimannnya. Ustad..ustad..emang seperti itu ya seharusnya jadi panutan? (Ups ngawur kemana-mana)
Bukan maksudku sombong dengan membangga-banggakan Bapakku. Tapi terus terang aku bangga sebagai anaknya. Banyak ajaran moral yang seringkali erat kaitannya dengan Quran Hadist bisa kuambil darinya meski ia bukan ulama, bukan pula seorang ustadz ahli dakwah. Bahkan boleh dibilang 'abangan'.
Dan lagi-lagi, hari ini, Bapak punya stok mobil lagi untuk dijual. Carry lagi. Entah mana lagi yang akan dilepas. Hmm..pantas saja kakak iparku pengen gabung bisnis.

Tulisan lain:



2 komentar:

  1. walau diantara padi akan tumbuh rumput tp jika kamu nanam rumput tidak akan tumbuh padi...!!

    BalasHapus